Mengenal Lebah Madu

Lebah madu merupakan serangga yang bahan pakannya berasal dari nektar dan tepung sari yang dihasilkan oleh tanaman. Dalam siklus hidupnya, lebah madu mengalami metamorfosa yang sempurna.

Dalam bidang perlebahan di Indonesia, semula dikenal tiga jenis lebah lokal yang dapat menghasilkan madu, yaitu Apis indica-lebah lokal yang disebut tawon (bahasa Jawa). Apis dorsata-lebahhutan yang disebut tawon gung (bahasa Jawa), dan trigona spp- lebah lokal dissebut klanceng (bahasa jawa). 

Jenis- jenis Lebah Madu

Apis melifera mer upakan lebah yang paling populer dan banyak dipelihara di Indonesia mampu memproduksi madu, serta mempunyai daya adaptasi yang tinggi, kurang suka berimigrasi dan tidak agresif. 

Beberapa strain Apismelifera yang banyak dipelihara di Indonesia antara lain sebagai berikut : 
  • Apis melifera liguistica, disebut juga lebah Itallia dengan ciri khas aadanya tiga segmen di bagian abdomen dan mempunyai perisaindi antara sayapnya. Lebah ini sangat jinak, produktif serta kurang tahan terhadap cuaca dingin dan hujan. 
  • Apis mellifera carnica, disebut juga lebah carniola, berkembang di Austria dan Balkan. Lebah ini sangat jinak dan mudah pisah dari koloninya.
  • Apis mellifera Caucasia, terkenal jinak dan bjasa disebut lebah kaukasia. Tubuhnya lebih kecil daripada lebah italia, sangatproduktif, dan terlalu banyak menghasilkan propolis
Tatalaksana

Pemilihan bibit, ratu lebah yang berkualitas unggul mempunyai sifat-sifat antara lai (a) ratu lebah berusia muda (tdk lebih satu tahun), (b) mempunyai badan gemuk. dan berjalan lamban, (c) tidak cacat dan tidak berpenyakit, (d) aktif bertelur setiap harinya dengan jumlah telur yang maksimal.. Keberadaan ratu lebah dapat mengundang lebah pekerja dan lebah pejantan untuk itkut bergabung dlam komunitasnya..

Perkandangan

Lebah madu hidup dalam suatu kelompok yang disebut koloni, dimana setiap sarang selalu hanya dhuni oleh satu koloni yang terdiri dari 3 tingkat kasta, yaitu ratu lebah. Lebah pekerja, dan lebah jantan. Ratu lebah yaitu jenis lebah yang kelamin betina, bertugas hanya menghasilkan telur. Lebah pekerja merupakan jenis lebah berkelamin betina, tetapi tidak menghasilkan telur. Tugasnya mencari pakan dan merawat koloni. Sementara lebah jantan merupakan jeis lebah berkelamin jantan dan bertugas mengawini ratu lebah.. Perkandangan lebah madu, dapat terdiri dari beberapa stup.

Stup mempunyai ukuran (50 X 40 X 28 ) cm dengan tiang penyangga sepanjang 35 cm. Tutup stup memiliki ukuran (56 X 40 X 6 ) cm. Bentuk dan fungsi kotak single dan kotak super seabenarnya tidak terlalu. Perbedaannya terletak pada ada dan tidaknya dasar/alas pada kotak super agar koloni dapat menjadi satu. Bingkai-bingkai dalam kotak single terdiri dari bingkai sisiran sarang. Bingkai sirop, dan bingkai mangkokan royal jelly.

Pemberian pakan, bentuk bahan pakan lebah madu yaitu nectar,polen, honey dew, dan royal jelly. Nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar nectar tumbuhan. Kandungan karbohidratnya sekitar 30 - 87 %, terdiri dari sukrosa, fruktosa dan glukosa . Selain itu , nectar juga mengandung nitrogen- berupa asam amino, amida dan asam organic-vitamin, mineral dan senyawa aromatic. Polen dihasilkan dari bunga sebagai sel-sel kelamin jantan tanaman. Royal jelly merupakan cairan kental asam manis, berwarna putih susu, diolalh secaraalami dari nectar dan tepung sari bunga oleh lebah pekerja melalui kelenjar pharyngen, dana dkieluarkan melalui rahang atas. Royal jelly menandung air 66,05%, protein 12,34%, gula 12,43 % lemak 5,46 % dan residu yang tidak terindentifikasi 2,8 %. Pemberian pakan berupa larutan gula putih. Umumnya diberikan soal musim kemarau.

Panen dan Hasil Panen

Madu siap panen. 

Ditandai dengan sarang lebah yang telah dipenuhi cairan kental berwarna kecoklatan.lebah madu mengahsilkan beberapa produk, di antaranya madu, malam, protein, propolis, royal jelly dan apitoxin . 
  • Madu, masu dibuat dari nectar pada tanaman berbunga yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dalam sel-sel sarang dengan menambahkan enzyme invertase yang dapat mengubah sukrusa menjadi dekstrosa dan levulosa. Levulose dan deksstrosa merupakan 85-90% dari karbohidrat yang terdapat dalam masu, sisanya berupa oligosakarida dan polisakarida. Madu yang telah matang mengandung kadar air rendah (17%) dan kadar fruktosa yang tinggi. Dekstrosa menyebabkan madu menjadi Kristal. 
  • Malam, struktur kimiawi malam (lilin lebah /beeswax) bersifat stabil. Malam dihasilkan oleh lebah pekerja dan produksi tertinggi tercapai pada umur 2 minggu. 
  • Polen, polen merupakan pellet alat jantan reproduksi tanaman yang berprotein tinggi dan diambil dari kaki belakan lebah pekerja yang terperangkap di sarang lebah. Kandungan protein yang tinggi bermanfaat bagi manusia untuk menganti sel-sel tubuh yang rusak. Kandunbgan protein pada pollen sangat tinggi sering digunakan untuk proses pemulihan kondisi tubuh 
  • Propolis, propolis melrupakan bahan rekat pekat bersifat resin yang dikumplkan oleh lebah pekerja dan berguna sebagai antibiotika, bakterisidal dan bakteriostatik. Ekstra propolis dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka, pembunuh virus influenza dan penyembuh penyakit kulit.
  • Royal jelly, Royal Jelly merupakan cairan kental asam manis, berwarna putih susu, diolah secara alami dari nectar dan tepung sari bunga oleh lebah pekerja mellaui kelenjar pharyngen, dan mengandung protein 12,34 %, gula 12,43 %, lemak 5,46 % dan asam amino. Royal jelli diyakini menyembuhkan bernbagai penyakit, selain sebahan bahan campuran kosmetik. 
  • Apitoxin (bee venom), Apitoxin merupakan cairan bening dengan bau tajam, aroma yang spesifik, dan bereaksi asam. Bagi kebanyakan orang, sengatan lebah ini amat menyakitkan. Namu apitoxin dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.
Sumber bacaan : Budidaya 22 ternak Potensial. Seri Agribisnis Penebar Swadaya 2010