Pemberian Pakan Cacing Tanah

Cacing tanah tidak memiliki gigi, sistim pencernaanya sangat sedehana. Oleh karena itu, pakan yang diberikan harus lunak agar mudah dicerna dan dalam bentuk bubur yang mengandung sekitar 20 % bahan padat dan 80% air. Cacing tanah merupakan binatang pemakan sampah yang kaya akan kalsium

Jenis Bahan Pakan

Cacing tanah menyukai bahan organik yang sedang membusuk, baik yang berasal dari hewan maupun dari tumbuhan. Jenis dan banyaknya pakan sangat mempengaruhi populasi, laju pertumbuhan dan laju perkembangbiakan cacing tanah

Bahan pakan berasal dari tumbuhan

Hampir semua jenis tumbuhan yang kadar airnya tinggi sangat disukai oleh cacing tanah, kecuali bahan yang mengandung tannin yang berbau tajam seperti daun akasia, daun jeruk, daun kemangi, daun pinus, daun kayu putih dan daun suren.. Beberapa jenis bahan pakan yang berasal dari tumbuhan yang dapat digunaksn antara lalin sebagai berikut :
  1. Sayur -sayuran, bahan sayuran seperti selada dan kol merupakan bahanpakan yang sangat disukai cacing tanah. Sayuran ini banyak mengandung vitamindan mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan cacing tanah.
  2. Daun lamtoro, daun ini sering digunakan sebagai campuran pakan ternak, daun ini banyak protein sehingga sangat cocok dijadikan pakan.
  3. Dedak padi, dedak ini yang merupakan sisa dari penggilingan padi sampai popular dan sering digunakan dlam bebagai macam campuran pakan ternak. Dedak padi ini sangat baik digunakan sebagai pakan cacing tanah karena banyak mengandung mineral, protein dan vitamin. Sifatnya pun porius.
  4. Dedak Jagung, sebagaimana dedak padi , dedak jagung pun merupakan hasil sampingan dari penggilingan jagung . Sebagai pakan cacing tanah dedak jagung ini meruoakan sumbaer energy yang baik karena banyak mengandung protein. Lemak, dan zat lain yang dibutuhkan untul peertumbuhan cacing tanah.
  5. Ampas singkong, ampas ini diperoleh dasri sisa pembuatan tepung tapioca. Ampas ini sering digunakan untuk campuran makanan ternak. Sebagai bahan pakan cacing tanah, bahan ini sangat disukai.
  6. Ampas tahu, ampas ini sering digunakan untuk campuran pakan ternak dan bahanpakan caacing tanah. Ampas ini banyak mengandung protein yang sangat dibuthkan.
  7. Batang pisang, batang ini disukai cacing tanah karena banyak mengandung air, selain itu bahan pakan ini dapat mempertahankan kelembaban media . Pemberiannya harus dipotong-potong terlebih dahulu , lalu digiling hingga halus dan diabentuk menjadi bubur.
Bahan Pakan berasal dari hewan

Hampir semua jenis cacing tanah sangat menyukai kotoran ternak dibandingkan bahanpakan lainnya. Hal ini disebabkan kandungan proteinnya tinggi sehingga akan lebih cepat dicerna oleh cacing tanah. Selain kotoran ternak, bahanpakan yang berasal dari daging atau lemak yang membusuk pun sangat disukai..
  1. Kotoran ternak, semua kotoran ternak dapat dikonsumsi oleh cacing tanah. Namun kotoran ternak yang digunakan harus yang sudah matang. Kotoran yang masih baru masih mengalami proses dekomposisi atau penguraian sehingga masih mengeluarkan panas.
  2. Daging dan ikan, daging ternak dan ikan yang mati dapat dijadikan bahan pakan cacing tanah. Biasanya hewan yang mati akan membusuk. Cacing tanah sangat menyukai daging atau ikan yang sedang membusuk.
Bahan Pakan dari sumber lain.
  1. Limbah rumah , limbah rumah tangga merupakan campouan dari bahan-bahan yang dapat terdekomposisi menjadi bahan organik
  2. Bubur karton atau kertas. Bubur ini merupakan hasil indsutri yang terbuat dari bubur kayu (pulp) sehingga bahan ini pun dapat dijadikan pakan.
  3. Pakan komersial, pakan ini adalah pakan yang biasanya digunakan sebagai pakan ayam dan itik. Pakan ini dapat diberikan pada media cacing tanah. 
Pakan Untuk Reproduksi

Pemberian pakan untuk reproduksi bertujuan untuk merangsang produksi kokon agar populasi cacing menjadi lebih banyak. Berikut adalah formulasi pakan untuk reproduksi.
  1. Kotoran ternak, untuk reproduksi maksimal, pemberian pakan berupoa kotoran ternak dapat 100 % dari satu jenis kotoran atau dapat dicampur dengan kotoran ternal lainnya.
  2. Kotoran ternak dengan kompos, komposisinya kotoran ternak 30 % dan kompos 70 %. Kotoran mensuplai protein dan mineral sedangkan kompos mensuplai vitamin dan selulose
  3. Kompos, dapat juga diberikan 100 % 
  4. Kompos batang pisang dengan ampas tahu.
Pakan Untuk Penggemukan
  1. Kotoran ternak dan kompos daun lamtoro, perbandingan dapat 1 : 1
  2. Kompos dengan bubur karton atau kertas, perbandingan satu dengan Satu 
  3. Pakan komersial , jumlahnya sama dengan berat tubuh cacing tanah yang akan dibudidayakan.
Sumber bacaan : Sukses Beternak Cacing Tanah. Rony Palungkun, Agribisis 2007