Tanaman Ceplukan (Physalis angulata L)

Tanaman Ceplukan (Physalis angulata L)

Tanaman Ceplukan (Physalis angulata L.) atau disebut juga Physalis minima L. adalah tanaman yang dapat berkhasiat sebagai obat, seperti obat gusi berdarah, obat bisul, dan obat mules. Daunnya juga berkhasiat sebagai obat bisul. 

Nama Daerah

Tanaman yang dikenal dengan nama dagang Ceplukan ini mempunyai nama daerah yang berbeda-beda. Di Sumatera tanaman Ceplukan dikenal dengan nama Leletop. Di Jawa dikenal dengan berbagai nama, diantaranya di daerah Sunda dikenal dengan nama Cecendet, Di daerah Jawa Tengah dikenal dengan nama Ceplukan, di daerah Madura dikenal dengan nama Jorjoran. Di Bali dikenal dengan nama Ciciplukan. Di Daerah Sasak dikenal dengan nama Dedes. Di Sulawesi (Makasar) dikenal dengan nama Leletopan dan di Maluku (Seram) dikenal dengan nama Lapununat.

Deskripsi

Tanaman Ceplukan merupakan tanaman semusim yang berbentuk semak, dengan tinggi ± 1 meter. Batangnya berwarna hijau, masif, berbulu dan beruas. Daunnya merupakan daun tunggal, berbentuk bulat telur, ujung daunnya runcing, tepi daun rata, permukaan daun berbulu, pertulangan daun menyirip. Panjang daun antara 5-25 cm, lebar daun antara 2,5- 18 cm. Tangkai daun berwarna hijau dengan dengan panjang antara 1-9 cm.

Bunga Ceplukan merupakan bunga tunggal, kelopak berlekatan dan bercangap lima. Bentuk bunga ceplukan runcing, berwarna hijau. Benangsari bejumlah lima. Tangkai sari berwarna kuning, kepala sari berwarna biru. Putik hanya satu dan berwarna putih. Mahkota bunga berwarna kuning, panjang 8-23 mm .

Buah Ceplukan buah buni, berwarna kuning, berbentuk bulat, dengan diameter 14-18 mm. Kelopak buah berwarna hijau.

Biji Ceplukan berbentuk bulat pipih, dan kecil berwarna kuning. 

Akar Ceplukan merupakan akar tunggang, berwarna putih.

Kandungan kimia.

Daun Physalis angulata mengandung saponin, flavonoida dan polifenol. Akar Physalis angulata mengandung saponin dan flavonoida. 

Khasiat

Buah Physalis angulata dapat dimanfaatkan sebagai obat usi berdarah, bat bisul dan obat mulas, sedangkan daunnya dapat berkhasiat sebagai obat bisul. 

Cara pengobatan

Untuk gusi berdarah, buah Phisalis angulata dapat langsung dimakan sebagai obat. Caranya, pilih buah Physalis angulata yang masak sebanyak ± 30 gram, kemudian buah dicuci dengan bersih dan selanjutnya dapat langsung dimakan.

Sumber: Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Pengarang: H.M. Hembing Wijayakusuma, Agustinus Setiawan Wirian, Thomas Yaputra, Setiawan Dalimartha, Bambang Wibowo, Pustaka Kartini . 1993.