Tiga formula Urea Molases Multinutrient Block (UMMB)

Pakan merupakan salah satu faktor penting guna menjamin tercapainya kinerja peningkatan bobot badan ternak ataupun produksi susu yang optimal. Namun demikian, dalam hal pakan ini justru peternak tradisional umumnya menghadapi masalah dan kesulitan. Pakan yang sanggup mereka berikan kepada ternaknya umumnya bermutu rendah. Kandungan serat kasarnya tinggi, antara lain berupa jerami, rumput lapangandan berbagai jenis hijauan lainnya. Jenis pakan ternak tersebut sulit dicerna oleh ternak dan tidakdapat memberikan zat-zat nutrisi yang dibutuhkan ternak untuk mendukung produktivitas yangoptimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, peternak perlu memberikan pakan tambahan yang tersusundari kombinasi bahansumber protein dengan jumlah tertentu yang dapatmendukung pertumbuhan, perkembangan dan kegiatan mikroba secara efisiendi dalamrumen ternak. Selain itu, peternak perlu juga memberikan bahan pakan yang merupakan sumber N (nitrogen)protein dan/ atau non protein serta mineral tertentu. Pemberian pakan tambahan tersebutakan memberikan pengaruh yang baik terhadap produktivitas ternak melalui peningkatan protein mikrobial,peningkatan daya cerna dan peningkatan konsumsi pakan hingga diperolehkeseimbangan yang lebih baik antara amino dan energi di dalam zat-zat makanan yangterserap.

Salah satu pakan tambahan yang bisa diberikan peternak kepada ternaknya adalah Urea Molases Multinutrient Block (UMMB), yakni pakan tambahan sumber protein (non protein nitrogen), energi, dan mineral yang berbentuk padat. Cara kerja UMMB adalah membentuk asam amino yang dibutuhkan ternak ruminansia untuk pertumbuhannya dan membantu meningkatkan kecernaan zat-zat nutrisi pakan dengan menstabilkan kondisi keasaman (pH) di dalam rumen.

Para peternak sesungguhnya bisa membuat UMMB sendiri, karena teknologinya tergolong sederhana dan mudah diaplikasikan. Bahan-bahan untuk membuat UMMB pun mudah didapat setempat. Bahkan dengan adanyatiga alternatif formula bahan pembuat UMMB, makin mudah bagi peternak untuk membuat UMMB karena peternak bisa memilih salah satu formula yang sesuai dengan ketersediaan bahan-bahan penyusunnya.

Tiga formula bahan pembuat UMMB

Secara umum, bahan pembuat UMMB terdiri atas bahan pokok dan bahan tambahan. Bahan pokok terdiri atas molases dan urea. Bahan tambahan adalah bahan-bahan yang ditambahkan, sehingga UMMB memiliki zat-zat makanan sumber energi, protein dan mineral yang cukup. Bahan-bahan tambahan sumber energi antara lain adalah dedak, tepung tapioka, tepung gandum, jagung dan onggok. Bahan-bahan tambahan sumber protein antara lain adalah bungkil kedelai, bungkil kelapa, ampas kecap, ampas tahu, daun leguminosa, tepung ikan, dan bungkil biji kapuk. Sedangkan bahan-bahan tambahan sumber mineral antara lain adalah tepung tulang, garam, batu kapur, semen, tepung kerang, dan mineral komersial.

Berdasarkan kombinasi antara bahan pokok dan bahan tambahan, berikut ini tiga formula bahan pembuat UMMB yang bisa dipilih oleh peternak. Masing-masing formula disusun untuk memperoleh berat campuran 10 kg. FORMULA I, terdiri atas molase (3,300), urea(0,425), onggok (0,800), dedak (1,800), tepung kedelai (1,300), tepung tulang (0,600), kapur (0,900), lakta mineral (0,125), garam dapur (0,750). FORMULAI II, terdiri atas molase (3,900), urea (0,430), onggok (0,500), dedak (1,350), tepung daun singkong kering (1,450), tepung tulang (0,600), kapur (0,900), lakta mineral (0,120), dan garam dapur (0,750). FORMULA III, terdiri atas molase (3,300), urea (0,450), dedak (2,500), bungkil kedelai (1,500), tepung tulang (0,600), garam (0,750), kapur (1,000), dan mineral (0,125).

Cara pembuatan UMMB

Campur semua bahan (sesuai formula yang dipilih), kecuali molase. Aduk-aduk beberapa saat agar bahan-bahan tersebut bercampur secara sempurna. Setelah bahan-bahan tercampur, tambahkan molase ke dalam campuran tersebut. Aduk-aduk kembali sampai tidak ada gumpalan-gumpalan pada campuran bahan-bahan pembuatan UMMB tersebut. Selanjutnya panaskan adonan (gunakan wadah wajan, panci atau penggorengan) dengan api yang menyala kecil selama 3-4 menit.Dalam keadaan panas, masukan adonanUMMB ke dalam cetakan, kemudian padatkan. Biarkan beberapa saat sampai dingin, dan UMMB siap anda berikan kepada ternak atau simpan di tempat yang tidak lembab.

Cara memberikan UMMB kepada ternak

Berikan UMMB kepada ternak secara rutin pada pagi hari sebelum ternak tersebut mengkonsumsi pakan pokoknya. Cara lainnya ialah dengan menaruh UMMB pada tempat pakan atau digantung di salah satu bagian kandang. Dengan cara ini, saat memerlukan ternak bisa setiap saat mendatangi UMMB tersebut dan mengkonsumsinya.

Jumlah pemberian UMMB kepada ternak adalah sebagai berikut: (i) untuk sapi potong, sapi dara, atau sapi perah berikan UMMB sebanyak 350-500 gram per ekor/hari; (ii) untuk anak sapi yang berumur 6-12 bulan berikan UMMB sebanyak 150-250 gram per ekor/hari; (iii) sedangkan untuk ternak ruminansia kecil seperti kambing dan domba, berikan UMMB sebanyak 75-150 gram per ekor/hari.

Sumber : cybex.deptan.go.id