Persiapan Lahan dan Tata Ruang Kebun Entres

Pembangunan Kebun Entres, dilakukan dengan tahapan persiapan lahan, Tata Ruang kebun, penyiapan bahan tanaman, penanaman dan penyulaman, pemeliharaan, pemanenan dan pengiriman entres.


Persiapan lahan

Kunci awal menghasilkan bahan tanaman bermutu adalah persiapan atau pengolahan lahan yang memenuhi syarat, pengolahan lahan yang kurang baik menyebabkan terbentuknya akar yang tidak sempurna dan pertumbuhan tanaman kurang baik. Persiapan lahan dengan cara mekanis, dilaksanakan dengan traktor pada lahan datar dengan 2 kali membajak yang interval waktunya 3 minggu dan 2 kali garu dengan interval waktu 1 minggu sehingga tanah gembur dan mempunyai kedalaman 40 - 50 cm, sisa tunggul harus dibersihkan dan dibuang. Persiapan lahan dengan cara manual, dilakukan dengan cangkul pada lahan yang berteras atau miring dan pada pembibitan skala kecil, kedalaman olah tanah 40 - 50 cm. Untuk memperoleh kedalaman tersebut diperlukan teknik pencangkulan sbb ; areal kebun entres berbentuk segi empat,lahan dipilah-pilah berupa jalur dengan lebar 50 cm sejajar satu sama lain,pencangkulan dua tahap, tahap pertama dibuat lubang ukuran panjang 50 cm x lebar 40 cm dalam 25 cm tanah diletakan di belakang lajur, tahap kedua dasar lubang digemburkan sedalam 20 cm kemudian diisi tanah didepannya pada alur yang sama, pencangkulan dilakukan secara bertahap pada lahan dimukanya dengan cara yang sama. 

Pengolahan secara manual dapat mengurangi degradasi atau penurunan kesuburan tanah yang diakibatkan oleh terbaliknya lapisan tanah, namun demikian cara pengolahan ini memerlukan waktu yang cukup lama. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengolahan tanah, lahan harus diusahakan bebas dari sisa-sisa akar dan kayu untuk mencegah penyebaran jamur akar putih. Fosfat alam (RP) dengan dosis 600 - 1.200 kg/ha sangat dianjurkan yang aplikasinya diberikan saat penggaruan kedua. Lahan yang sudah siap diolah, selanjutnya dibuat pembagian petakan yang dibatasi dengan jalan dan batas petakan yang jelas, besarnya petakan disesuaikan dengan jumlah tegakan dan jenis klon yang akan di tanam.

Tata ruang kebun entres

Untuk 1 hektar kebun entres terdiri dari klon anjuran dengan perbandingan : Klon Vavorit 50 %; Klon lainnya 20 %, 10 %, 10 % dan 10 %; Ukuran satu blok diupayakan satuan terkecil yaitu 10 %.

Misalnya, 1 hektar pertanaman 8.000 pohon dengan jarak 1 x 1 meter maka :

Klon Vavorit : 4000 pohon; Klon Lainnya : 1600 pohon; Klon lainnya : 800 pohon; Klon lainnya : 800 pohon; Satu blok adalah : 800 pohon

Contoh Ruang kebun entres dan peta dasarnya terlampir.

Peta dasar kebun entres terdiri atas 5 klon sebagai kelengkapan kebun entres dengan tata ruang : 50 %, 20 %, 10 %, 10 % dan 10 %. Jumlah tanaman 47 x 17 pohon = 799 pohon efektif perblok atau 7990/ha atau 8.000 pohon/ha.