Pengaruh Kenis dan Dosis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Krokot Landa

Krokot landa merupakan salah satu jenis sayuran daun yang belum banyak dikenal dan dibudidayakan masyarakat. Krokot landa memiliki beragam kandungan yang bermanfaat seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, Ca, Fe, vitamin B1, B2, C, dan kandungan oksalat yang tinggi.

Budidaya krokot scara intensif dapat dilakukan salah satunya dengan pemberian pupuk yang sesuai baik kualitas ataupun kuantitasnya. Kuantitas terkait dengan dosis yang diberikan, kualitas terkait dengan kandungan hara dan ketersediaan sehingga tanaman dapat memanfaatkan pupuk yang diberikan.
Krokot Landa
Salah satu jenis pupuk yang dapat digunakan untuk pemupukan tanaman krokot adalah pupuk kandang. Beberapa keunggulan pupuk kandang adalah memiliki beberapa jenis dan kandungan yang beragam, mudah didapatkan, dan dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. 

Metode

Penelitian dibuat dengan menggunakan rancangan acak blok lengkap dua factor. Faktor pertama adalah jenis pupuk kandang yang terdiri dari pupuk kandang sapi, kandang kambing, dan kandang ayam. Faktor kedua adalah takaran pupuk yang terdiri dari 10 ton/ha, 20 ton/ha, dan 30 ton/ha. Bahan tanam adalah stek pucuk sebanyak 12 buku dan ditanam dengan jarak tanam 40 x 30 cm.

Hasil 

Berdasarkan analisis sidik ragam, pupuk kandang ayam memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap peubah tinggi tanaman. Hal ini karena pupuk kandang ayam memiliki kandungan nitrogen yang lebih tinggi dari pupuk kandang sapi dan pupuk kandang kambing. Namun demikian, takaran pupuk yang diberikan tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman.

Pada parameter jumlah tunas, pemberian jenis pupuk dan takaran pupuk kandang tidak berpengaruh secara signifikan. Artinya, antara satu pupuk dengan pupuk yang lain dan antara takaran pupuk yang satu dengan yang lainnya tidak memberikan dampak terhadap jumah tunas krokot landa.

Pupuk kandang ayam berpengaruh secara positif terhadap jumlah daun krokot landa. Peningkatan takaran pupuk kandang hingga 30ton/ha memberikan kecenderungan meningkatkan jumlah daun tanaman. 

Luas daun dan bobot segar daun tidak dipengaruhi oleh jenis pupuk dan takaran pupuk kandang. 

Pupuk kandang ayam dapat meningkatkan bobot segar brangkasan dan bobot kering brangkasan tanaman. Pupuk kandang ayam dengan takaran 22,11 ton/ha mampu menghasilkan bobot segar daun dan bobot kering brangkasan yang maksimal. 

Sumber : Suhari, Panut. 2006. Pengaruh jenis dan dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman krokot landa. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. dan Anakagronomy.com