Tanaman Pulasari (Alyxia reinwardtii BL)

Tanaman Pulasari (Alyxia reinwardtii BL) merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Sinonim dari Pulasari (Alyxia reinwardtii BL) adalah Alyxia stellata Auct.Non R. & S; A. laurina Gaud. Sedangkan nama dagang.umum adalah pulasari.

Tanaman Pulasari (Alyxia reinwardtii BL)
Nama daerah.

Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Di daerah Sumatera juga dikenal dengan beberapa nama, sebagai contoh di Melayu dikenal dengan nama Pulasari, sedangkan di Aceh dikenal dengan nama Talatari. 

Di daerah Jawa tanaman pulasari juga dikenal dengan beberapa nama. Di Sunda dikenal dengan nama Pulasari, di Jawa dikenal dengan Pulosari, dan di Madura dikenal dengan nama Pula sari.. 

Sebagaimana di daerah Sunda, di Bali juga dikenal dengan nama Pulasari. Di Sulawesi juga terdapat beberapa nama, yaitu di Makasar dikenal dengan nama Pulasari, di daerah Bugis dikenal dengan nama Calapari, dan di Buton dikenal dengan nama Balasari. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Pulasane. 

Klasifikasi.

Tanaman Pulasari (Alyxia reinwardtii BL diklasifikasikan ke dalam divisi Spermatophyta, Sub devisi Angiospermae, Kelas Dicotyledonae, Bangsa Apocynales, Suku Apocynaceae, Marga Alyxia dan Jenis Alyxia reinwardtii Bl . 

Deskripsi.

Habitus: 

Tanaman Pulasari (Alyxia reinwardtii BL merupakan tanaman yang berbentuk semak, tumbuh merambat, dengan panjang tanaman dapat mencapai 10 m. 

Batang: 

Batang tanaman pulasari berkayu, berbentuk bulat, bercabang dan berwarna hijau. 

Daun: 

Daun tanaman pulasari merupakan daun tunggal, berbentuk lonjong. Pangkal dan ujung daun meruncing sedangkan tepi daunnya rata. Panjang daun antara 3-10 cm, lebar 1-3,5 cm, dengan pertulangan menyirip. Tangkai daun tebal , panjang antara 5-10 mm, dan berwarna putih kehijauan. 

Bunga: 

Bunga pulasari merupakan bunga majemuk, berbentuk malai. Bunga terletak di ketiak daun. Jumlah bunga antara tiga sampai enam. Bunga pulasari ada yang sendiri dan ada yang berpasangan. Kelopak bunga berbentuk bulat telur, dan mahkota berbentuk corong dengan warna putih. 

Buah: 

Buah pulosari kecil, berbentuk bulat telur, runcing dan berwarna hijau.

Biji: 

Biji tanaman pulasari berbentuk bulat panjang, beralur membujur , dan berwarna hijau. Akar tanaman pulasari merupakan akar tunggang, berwarna putih. 

Khasiat: 

Bagian tanaman pulasari yang berkhasiat sebagai obat adalah kulit batangnya. Kulit batang Alyxia reinwardtii mengandung alkaloida, saponin flavonoida, polifenol dan minyak atsiri , yang dapat berkhasiat sebagai obat demam. 

Cara pengobatan: 

Untuk mengobati demam dapat dipakai ± 4 gram kulit batang Alyxia reinnwardtii, dicuci dan direbus dengan satu gelas air selama 15 menit. Hasil rebusan diminum sehari dua kali ¼ gelas pagi dan sore.

Sumber: 
  • Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia jilid II. Pengarang: H.M. Hembing Wijayakusuma, Agustinus Setiawan Wirian, Thomas Yaputra, Setiawan Dalimartha, Bambang Wibowo, Pustaka Kartini, Anggota IKAPI . 1992