Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Tanaman lidah buaya sudah terkenal dengan berbagai khasiat dan manfaatnya. Pada dasarnya lidah buaya adalah tanaman yang mudah dirawat. Makanya lidah buaya bisa menjadi tanaman hias dan tanaman obat yang sudah ada sejak jaman dulu kala. Selain menjadi bahan dasar berbagai makanan, lidah buaya juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. 


Inilah manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Diabetes

Konsumsi lidah buaya dengan cara tertentu akan dapat membantu Anda dalam menurunkan level gula darah untuk Anda yang menderita diabetes. Caranya dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan air 3 gelas dan menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Ramuan ini dapat dikonsumsi tiga kali per hari masing-masing setengah gelas.

2. Mengobati Luka

Dalam menangani luka-luka ringan, lidah buaya memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakannya untuk mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari (sunburn), mengurangi warna lebam karena memar, meredakan rasa perih karena lecet, dan mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

3. Mengobati Wasir

Siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu parut lidah buaya, kemudian ditambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Aduk sampai rata ramuan ini dan saring kemudian. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

4. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang sehat merupakan kunci dari tubuh yang sehat sebab pencernaan yang buruk dapat berujung pada berbagai macam penyakit. Nah, lidah buaya ini sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat.

5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Sama seperti rumput laut, lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin. Gelatin tersebut berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh Anda.