Padangsidimpuan Kembangkan Tanaman Hortikultura

Pemerintah Kota Padangsidimpuan mulai mengembangkan tanaman holtikultura di sejumlah kecamatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Rencananya, daerah yang akan menjadi pengembangan tanaman holtikultura tersebut, adalah Kecamatan Hutaimbaru dan Angkola Julu. ”Kedua kecamatan ini lebih difokuskan untuk mengembangkan budidaya cabai, tomat, kol, dan brokoli,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Padangsidimpuan, Soleh Nasution, kemarin.


Dia mengatakan, program ini juga telah mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian. Berdasarkan rencana tata ruang dan wilayah Kota Padangsidimpuan 2014, luas baku sawah ditetapkan sekitar 1.600 hektare dari luas baku sekarang 4.045 hektare. Berkurangnya lahan sawah lahan tersebut akibat pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang memicu penyempitan lahan dan alih fungsi lahan menjadi pemukiman dan kawasan usaha. 

“Untuk mengantisipasi alih fungsi lahan, pemerintah mulai menggiatkan intensifikasi dan diversifikasi. Bertanam holtikultura sangat membantu dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan mengurangi konsumsi beras beralih ke non-beras,” tandasnya. 

Sementara itu anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Marataman Siregar mengungkapkan, wacana untuk pengembangan budidaya tanaman itu sudah ada sejak dahulu. “Kami tunggu realisasi dari program tersebut. Rencana itu sudah ada sejak dahulu, namun implementasinya masih dipertanyakan,”ujarnya.

Sumber : http://www.koran-sindo.com