Tanaman Kelapa

Tanaman kelapa adalah tanaman yang memiliki sejuta manfaat, dimana semua bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaat untuk segala bidang keperluan manusia. Kelapa sangat mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan perawatan yang khusus untuk mengantisifasinya dan tidak pula memerlukan pemupukan yang itensif seperti tanaman lainya pada umumnya.

Selain perawatan yang mudah dan tidak memerlukan perlakuan yang begitu serius namun tetap juga menghasilkan apalagi kita melakukan perawatan.


Tanaman kelapa diperkirakan berasal dari pesisir samudera hindia di sisi Asia dan menyebar luar diseluruh pantai tropika dunia.


Tidak hanya masalah budidaya yang mudah prospek ekonomi juga cukup menjanjikan pada tanaman kelapa. Untuk prospek ekonomi akan kita bahas nanti dan pada kesempatan ini kita akan membahas tentang jenis dari tanaman kelapa. 

Macam-macam Tanaman Kelapa.

1. Kelapa kuning.

Kelapa kuning adalah tanaman kelapa yang memiliki kulit berwarna kuning. Kelapa kuning tergolong kedalam jenis kelapa gajah yang sudah memulai pada saat berumur 3-4 tahun pada saat tinggi tanaman berkisar 1-1,5 m (meter).

2. Kelapa Merah.

Kelapa merah adalah tanaman kelapa yang memiliki warna merah pada permukaan kulit, dimana tanaman ini tergolong kedalam tanaman kelapa dalam. Pohon pada tanaman kelapa merah ini terbilang besar dan tinggi dan buah berbentuk bulat.

3. Kelapa Hijau.

Kelapa hijau adalah kelapa yang memiliki lapisan kulit yang berwarna hijau. Kelapa hijau termasuk kedalam tanaman kelapa hijau, kelapa hijau memiliki ukuran pohon yang besar dan tinggi ini memiliki buah yang cukup besar. Kelapa hijau biasanya digunakan untuk metode pengobatan tradisional karna dianggap memiliki kelebihan dibandingkan dengan  kelapa lainya.

4. Kelapa Gading.

Kelapa gading adalah tanaman kelapa yang memiliki buah berwarna kuning gading, sebagian daun berwarna kuning . Kelapa gading merupakan jenis kelapa gajah yang memiliki warna buah jingga sampai kekuningan emas. Kelapa ini berbuah pada umur 3-4 tahun dengan pelepah daun dan lidah tanaman berwarna kekuning-kuningan dengan buah berbentuk bulat sampai dengan lonjong.

5. Kelapa Gajah.

Kelapa gajah adalah tanaman yang memiliki daur hidup yang cukup lama sampai dengan 50 tahun dengam masa produktif 25 tahun. Kelapa gajah berbuah pada saat tanaman berumur 4-5 tahun dengan warna buah bervariasi mulai dari kuning, jingga dan hijau,. Buah kelapa gajah memiliki ukuran yang cukup besar, setiap buah dapat menghasilkan kopra 150 g/butir dan 68 % minyak. Baca juga Teknologi Prose Pembuatan Kopra Kelapa.

Cukup sampai disini ulasan kita tentang tanaman kelapa, insyaallah dapat kita tambah lagi pembahasanya pada tulisan berikutnya.

Sekian dan terimakasih