Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Buah Duku

Buah duku memiliki klasifikasi dan morfologi untuk menjelas bagaimana susunan nama dalam tingkatan suatu tanaman dan memberikan gambaran karakteritik dari tanaman buah duku, berikut ini adalah kalasifikasi dan morfologi tanaman buah duku yang harus anda tahu untuk mengenal lebih dekat tentang buah duku.

Klasifikasi Tanaman Buah Duku
  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas : Rosidae
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Meliaceae
  • Genus : Lansium
  • Spesies : Lansium domesticum Corr

Morfologi Tanaman Buah Duku

Daun

Tanaman duku memiliki karakteristikdaun tersendiri. Daunnya merupakan daun majemuk, yaitu jika pada tumbuhan tersebut terlihat tangkainya bercabang-cabang , dan baru pada cabang tangkai ini terdapat helaian daunnya. Daun tanaman ini adalah daun duduk. Tulang daunnya menyirip, pada bagian permukaan atas daunnya mengkilat, ujung daunnya meruncing pendek, tepi daun rata, dan merupakan daun tidak lengkap karena hanya memiliki helaian daun (lamina), Tangkai daun (petiolus), yang dinamakan daun lengkap memiliki 3 ciri

Daun Duku

yaitu memiliki helaian daun (lamina), Tangkai daun (petiolus), dan Upih daun atau pelepah daun (vagina). Daunnya berwarna hijau. 

Batang

Tanaman duku merupakan tanaman dikotil yaitu tanaman berkeping dua, jadi batang yang dimiliki tanaman ini batang berkayu (keras), Pada permukaan batang duku terdapat bintik bintik berwarna coklat. Batang berwarna abu-abu, berbentuk silindris, percabangan monopodial yaitu antara batang induk dengan cabang terlihat jelas dari perbedaan ukurannya, arah tumbuh batang tegak lurus dan arah tumbuh cabang condong ke atas.

Akar

Akar tanaman ini Tunggang, menancap ke bawah tanah, karena akar nya tunggang tanaman ini sangat berdiri tegak dan kokoh. Akar ini memiliki banyak cabang mulai dari cabang besar sampai paling ujung, yaitu tudung akar dan bulu akar.

Buah

Buah tanaman ini rasanya sangat manis, kenyal, dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Bentuknya bulat atau bulat memanjang (bulat buni) dengan diamter 2 sampai 4 cm, kulit buah duku muda berwarna hijau dan berubah menjadi kuning setelah buah masak. Daging buahnya tebal, kenyal dan buahnya melapisi bijinya.

Biji

Tanaman duku ini merupakan tanaman berbiji dikotil. Bijinya lonjong

Bunga

Bunga terletak dalam tandan yang muncul pada batang atau cabang yang besar, menggantung, sendiri atau dalam berkas 2-5 tandan atau lebih, kerap bercabang pada pangkalnya. Bunga-bunga berukuran kecil, duduk atau bertangkai pendek, menyendiri, dan berkelamin dua (terdiri dari putik dan benang sari)