Posted on
Dewasa ini banyak sekali orang yang mengalami stress karena pekerjaan yang menumpuk. Entah itu pekerjaan yang ringan sampai dengan pekerjaan yang tergolong berat. Apalagi jika pekerjaan tersebut mendekati dead line, tentunya membuat kepala akan semakin pusing tujuh keliling.

Belum lagi ditambah dengan pekerjaan lain yang harus dilakukan di rumah seperti cuci baju, setrika baju dan beres-beres rumah. Pulang dari kantor badan sudah lemas dan ditambah dengan pusingnya pekerjaan rumah, pasti tubuh terasa sangat berat untuk digerakkan.

Banyaknya pekerjaan yang menumpuk pastinya akan membuat stress bertambah gila. Waktu-waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk bercengkerama dengan keluarga harus dikorbankan untuk menyelesaikan tugas kantor. Stress yang kian hari semakin membuat tubuh tersiksa seakan tiada habisnya serta membuat dorongan-dorongan baik dan motivasi lenyap begitu saja seperti diterpa angin. Tentunya hal itu tidak diinginkan oleh setiap orang.

Untuk mengatasi stress ini haruslah ada kemauan yang keras dari pelakunya untuk berubah ke arah yang lebih baik. Hal-hal negatif yang memicu adanya stress haruslah dihindari sebisa mungkin. Dan tentunya harus dibarengi dengan hal-hal yang positif agar penyakit yang namanya stress ini bisa ditekan dan dikurangi dampaknya. Berikut adalah 13 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress.

Berfikiran positif

Selalu berfikir positif atau istilah kerennya positive thinking adalah kunci utama bagi kita untuk mengatasi stress. Stress selalu diawali dengan berfikiran negatif tentang suatu hal, maka hindarilah hal tersebut.

Positive thinking harus dilakukan dalam keseharian dan continue agar stress yang biasanya timbul dalam pekerjaan bisa dikurangi.

Olahraga


Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa olahraga dapat mengurangi dan bahkan mencegah terjadinya stress. Ini dikarenakan setelah kita melakukan olahraga pasti akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Pekerjaan-pekerjaan yang menumpuk di kepala akan terasa lebih ringan setelah kita berolahraga.

Di samping itu olahraga pasti akan membuat fisik dan mental menjadi lebih sehat.

Tertawa


Tertawa adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk mengobati stress. Dengan tertawa hormon-hormon positif dalam tubuh akan terbentuk. Dan dengan hormon inilah akan membuat diri kita semakin bahagia.

Perlu untuk kita yang terutama bekerja di kantor dan penuh dengan tekanan untuk tertawa sesekali. Dengan melakukan hal ini akan meringankan timbulnya stress.

Bermain game


Untuk para gamers berbahagialah karena dengan bermain game akan mengurangi risiko terjadimya stress. Stress biasa terjadi karena terlalu banyak beban yang ada di kepala sehingga menimbulkan adanya kejenuhan. Dan kejenuhan ini juga dapat mengakibatkan stress di tingkat yang lebih membahayakan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan adalah dengan bermain game. Tentunya bermain sesuai dengan porsinya, ya.

Mendengarkan musik


Mendengarkan musik kesukaan tentunya membuat tubuh akan lebih rileks. Apalagi jika musik tersebut adalah musik yang memiliki alunan lembut untuk didengarkan, tentunya akan menjadikan tubuh dan pikiran lebih rileks lagi setelah mendengarkannya.

Menurut penelitian mendengarkan musik juga akan menyehatkan mental dan mengurangai risiko stress karena pekerjaan (Baca di sini).

Melakukan hobi


Melakukan hobi juga salah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress. Dengan hobi yang kita lakukan akan membuat pikiran lebih segar dari sebelumnya. Karena hobi adalah sebuah hal yang kita sukai tentunya untuk menjalankan hal tersebut akan relatif mudah. Apalagi jika hobi kita adalah olahraga seperti jogging, berenang, atau pun olahraga lainnya pastinya akan membuat tubuh juga sehat dan segar.

Curhat


Berbincang dengan sahabat adalah sebuah hal yang menyenangkan. Apalagi yang kita perbincangkan adalah topik yang berhubungan dengan hati. Kita bisa mengutarakan semua masalah yang kita hadapi kepada sahabat dan mendapatkan solusinya.

Curhat bisa mengatasi stress karena dengan berbincang akan mengurangi masalah dan beban yang kita pikirkan.

Tidur cukup


Istirahat adalah kegiatan yang paling ampuh untuk mengusir stress. Dengan beristirahat sel-sel yang ada di tubuh juga ikut beristirahat dan berileksasi. Tidurlah yang cukup terutama tidur malam karena pada saat itu sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi dengan cepat.

Sel-sel tubuh yang baru akan mendorong kita lebih siap untuk melakukan banyak pekerjaan dan juga pastinya akan mengatasi stress.

Liburan


Liburan juga merupakan salah satu cara yang pas untuk kita mengatasi stress. Stress terjadi karena banyak sekali beban yang menumpuk di kepala sehingga pikiran akan terasa penuh dan sumpek. Dan dengan liburan tersebut beban yang ada akan berkurang. Tubuh akan kembali segar serta pastinya memiliki semangat baru yang akan menghindarkan kita dari stress.


Menulis


Menulis adalah hal yang akan membuat pelakunya selalu berfikir apa yang akan ditulisnya. Secara teori pastinya akan membuat stress terus bertambah, jika apa yang ditulisnya memang tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya itu memang benar. Tetapi jika kita menulis sesuatu yang membuat kita senang dan kita menyukai hal tersebut justru akan berdampak sebaliknya. Dan tentunya stress bisa dihindari dengan lebih baik dengan menulis.

Bersikap santai pada diri sendiri


Banyak orang yang menekan dirinya sendiri untuk melakukan pekerjaan secara berlebihan. Entah itu karena pekerjaannya mendekati dead line atau pun karena pekerjaan tersebut tergolong sukar untuk diselesaikan. Tetapi tetaplah kita harus bersikap santai kepada diri sendiri. Menekan diri sendiri secara berlebihan bukannya akan berdampak positif melainkan akan menambah risiko stress.

Aromaterapi


Bau-bau yang memiliki efek rileksasi akan mengurangi potensi kita terserang stress. Setiap orang memiliki kesukaan yang berbeda tentang hal ini. Mungkin hanya ada orang yang suka bau dari bunga lavender atau pun hanya suka bau dari kulit jeruk. Tentunya untuk mengurangi dampak negatif dari stress kita harus memilih bau yang cocok dengan kita. Karena jika kita memilih bau yang tidak cocok bukannya efek rileksasi yang kita dapat melainkan hanya ketidaknyamanan yang kita peroleh.

Meditasi


Cara terakhir yang bisa kita pilih untuk mengatasi stress adalah meditasi. Dengan mengatur pernafasan dan menempatkan diri pada suasana yang tenang akan membuat tubuh dalam kondisi rileks. Pertahankanlah untuk beberapa menit agar tubuh semakin rileks dan sejuk. Buang semua beban yang ada di kepala dan buatlah diri kita sedamai mungkin. Niscaya setelah melakukan hal tersebut tubuh akan terasa lebih ringan dan stress bisa teratasi.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menangani stress. Jika ada cara-cara lain yang belum tertulis di atas bisa dituliskan tambahannya di kolom komentar. Semoga bisa bermanfaat.
Content source       : caramengatasistress.com
Image head source : sandurezu.wordpress.comImage source         : google.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *